Antok, Seniman Mural Sang Pembuat Mimpi Warga Jakarta

Saturday, April 2, 2011

Ari Saputra - detikNews


Jakarta - Seni mural atau lukisan di dinding jalanan semakin marak di Jakarta. Kebanyakan menghiasi pilar beton jalan layang atau dinding fly over. Temanya beragam, tergantung si pemberi sponsor. Dari komersial hingga pesan layanan masyarakat. Bagaimana pendapat si pelukisnya sendiri?

"Bisa dibilang, saya menciptakan mimpi warga Jakarta," kata seorang seniman mural, Antok (33) yang sedang mengerjakan lukisan di Jakarta Utara, Jumat (1/4/2011).

Antok bukan bermaksud narsis. Namun dari berbagai lukisan yang pernah dia buat, Antok seringkali diminta menggambar dengan tema Jakarta dari sisi yang utopis.


"Saya sering buat lukisan soal Jakarta yang bersih dengan langit biru dan tidak ada polusi. Bagi saya itu bukan realitas, hanya mimpi saja," imbuh Antok.

"Itu permintaan sponsor. Saya menggambar ya tergantung yang memesan. Kalau nggak dari pemprov ya dari swasta," ucap salah satu seniman yang melukis pilar fly over sepanjang Jalan Yos Sudarso tersebut.

Sebagai seniman, dia mengawali dari pelukis kanvas pada umumnya. Namun karena tuntutan yang lebih praktis, dia mulai menggambar untuk kepentingan sponsor seperti mural tadi. Antok juga mengaku sempat diminta melukis untuk kebutuhan spanduk film.
"Tetapi saya nggak mau. Duitnya nggak sebanyak bikin mural," kata Antok tanpa mau menyebut upah yang diterimanya.

Oleh karenanya, saat Anda melintas jalan dan melihat lukisan warna-warni mencolok dan diberi teks tertentu, bisa jadi itu hasil coretan Antok. Berterimakasihlah pada para seniman mural seperti Antok, karena barangkali mimpi Anda ikut terwakili dalam mural tersebut.

0 comments:

Post a Comment

 
rama 8log's © 2011 | Designed by Interline Cruises, in collaboration with Interline Discounts, Travel Tips and Movie Tickets